Trend Membubarkan Ceramah

Pasca sambutan Ahok sebagai Gubernur Jakarta yang dirasakan sebagai penistaan agama oleh sebagaian besar ummat Islam, justeru berbalik menjadi pembubaran acara ceramah, hal ini dialami oleh Ust. Chalid Basalamah dan yang paling akhir adalah Ust. Felix, beliau semula semula akan berceramah dengan tema etika muda mudi sebelum memasuki masa perkawinan. Semula acara akan dilaksanakan di di sebuah Perguruan Tinggi, tetapi tiba tiba pihak Tuan Pergiruan membatalkan dan terpaksa diadakan di sebuah Hotel, lalu giliran Kepolisian bertindak, menyedihkan karena Kepolisian ternyata bertindak atas desakan sebuah organisasi besar dan berwibawa.

Kita tidak tahu apakah ini semua terkait dengan 9 larangan dalam ceramah di rumah ibadah, dan lalu apakah mereka yang telah berhasil membubarkan acara ceramah agama baik oleh organisasi besar dan berwibawa dan atau Kepolisian sudah sejalan dengan aturan yang barusan dikeluarkan oleh Kementerian agama.

Kita belum tahu apakah Kemenag itu hanya mengatur agar para dai tidak boleh menyampaikan ini dan itu, apakah Kemenag juga mengatur pembubaran acara ceramah agama sebagai pegangan dan bimbingan pihak organisasi besar dan berwibawa atupun pegangan pihak Kepolisian untuk membubarkan acara ceramah.

Satu lagi pertanyaan kepada Kemenag terkait materi para muallaf menceritakan bagaimana pegalaman dan suasana batin ketika mereka menetapkan masuk Islam,  dan untuk itu suklit dihindari menyebut nyebut agama lain, lalu apakah ini termasuk yang harus diantisipasi. Aturan kemenag tentang ini sangat membukakemungkinan maraknya kelompok yang senang membubabrkan sebuah pengajian atau ceramah yang tidak mereka sukai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s