Dagelan Di Sidang Penistaan Agama

new-pictureJutaan ummat Islam turun ke jalan menuntut dihukumnya seorang Gubernur yang dianggap telah menista agama, Unjuk rasa dilakukan telah beberapa kali, dan merupakan unjukrasa terbesar di dunia atau setidaknya Indonesia, berkumpulnya massa mencapai 7 juta orang, adalah merupakan sesuatu yang sangat dipentingkan bagi ummat Islam.

Pristiwa yang sejatinya adalah delik umum, tetapi ternyata Pemerintah tidak memiliki grak untuk menegakkan hukum, hingga akhirnya sejumlah pihak mengajukan pengaduan, itupun tidak bisa langsung dilayanmi oleh pihak Kepolisian, Kepolisian  pertamanya menyatakan belum bisa bertindak  sebelum ada ijin Presiden, sikap seperti ini melahirkan polemik, dan sikap Kepolisian dipersalahkan, baru Kepolisian bertidak melayani pengaduan, tetapi mensyaratkan adanya semacam fatwa majelis ulama, sebagaimana kasus kasus sebelumnya. Akhirnya terjadilah unjukrasa, dan pengaduanpun mulai diproses dan ditangani penyidik, dan dalam waktu singkat, segala sesatunya berjalan cepat di luar kebiasaan, seolah sangat mengapresiasi tuntutan ummat.

Walapun para pelapor mendasarkan pelaporannya berdasarkan pasal penistaan agama, tetapi kejaksanaan seolah melengkapi dengan pasal yang lain, yaitu penistaan sekelompok orang, sehingga penuntutan menjadi bias. Nampaknya pihak kejaksaan ikut bermain, memutar mutar pasal dan dalam pemilihan pasal ini terdakwa sangat diuntungkan.

Para pelapor nampaknya belakangan baru sadar bahwa yang semula dikira pihak Kejaksaan menampilkan dua pasal dengan ancaman dan sasartan yang berbeda itu adalah sebuah strategi untuk menyelematkan terdakwa dari ancaman menonaktifkan dari, nampaknya pihak kejaksaan cukup lihai dalam memainkan fasal fasal ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s