Berhati Hatilah Menulis Thesis atau Disertasi Terkait Politik dan Ideologi Serta Sejarah.

Fachruddin Berhati hatilah menulis thesis dan atau Disertasi menyangkut masalah politik, ideologi, serta sejarah. Sekalipun  Thesis atau Disertasi  anda mendapatkan nilai yang sangat baik di mata para Profesot, belum tentu akan baik juga bagi penganut paham dan keyakinan sejarah tertentu  karena itu berarti bukan jaminan keselamatan anda dari kriminalisasi dan bahkan mungkin bisa dianggap makar dan atau lain sebagainya, sehingga anda harus berurusan dengan yang berwajib, seperti apa yang dialami oleh Habieb Rizieq Syihab terkait Thesisnya  S II nya karena sekarang dia harus berhadapan dengan yang berwajib.

Atau jika ingin cari aman maka setelah selasai Wisuda maka tutup rapat rapat Thesis anda jangan sampai seorangpun tahu, abarat memberi maka beri dengan tangan kanan, sementara tangan kiri tidak rahu. Tutup dan lupakan, jangan diungkit lagi dan apalagi akan ditulis dalam bentuk buku yang bisa dibaca oleh siapa saja. Jika tidak maka kemunhkinan besar anda akan direpotkan oleh upaya kriminlisasi dan lain sebagainya untuk berbagai latar belakang kepentingan.

Kalau saran tak bermutu saya bisa anda terima, maka saya jamin bahwa tesis anda  seratus persen tidak memiliki peran mencerdaskan anak bangsa, tetapi dalam waktu bersamaan anda seratus oersen aman dan serta secara konyol anda bisa tidur nyenyak dalam waktu 2 kali 24 jam tampa ada yang mengganggu terkait thesis yang anda tulis.

Tetapi kita semua tidak tahu, bahaimana sebenarnya hukum yang berlaku, berpeluangkah orang orang yang tidak sependapat secara politis bisa seenaknya mengkriminalisasi suatu keyakinan berdasarkan akademis yang kita tuangkan dalam thesis. Apakah itu sesuatu yang terlarang. Sekali lagi kita tidak tahu bagaimana sebenarnya aturan yang berlaku.

Jika memang belum ada aturan yang menjadi payung dalam hal ini sebaiknya Pemerintah menerbitkan regulasi tentang penyulisan thesis,sehongga kebebasan mahasiswa dalam menulis thesis mendapatkan kebebasan dan perlindungan agar tidak terkena kriminalisasi gara gara thesis yang ditulis, lalu diceramahkan ke tempat lain  atau serta mencetaknya jadi sebuah buku agar bisa dibaca dan dipelajari orang lain. Semoga Pemerintah serius dalam masalah ini demi munculnya gemerasi yang lebih cerdas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s