Uang Kita Berlambang Palu Arit ? Masa Iya.

Fachruddin Seri uang baru telah diterbitkan sekitar seminggu yang lalu, masyarakat langsung mengantri untuk mendapatkan uang pecahan cetakan baru tersebut, hal tersebut terpicu oleh keingin tahuan masyarakat tentang berita yang beredar di media sosial, bahwa uang itu bergambarkan palu arit dan warna serta gambarnya sangat mirip dengan uang Yoan dari China. Tentu masyarakat ingin tahu bagaimana kenyataannya dan apa makna gambar yang mirip palu arit lambang PKI dan Komunis dunia, serta mengapa harus disamakan dengan uang China. Keingin tahuan itu antara lain menjadi pemicu masarakat tahan mengantri panjang untuk memiliki pechan uang rupiah baru itu.

pecahan-seratus-ribu-ada-logo-palu-arit

Gambar Palu Arit Di Pecahan Uang Rp. 100.000 (seratus Ribu) rupiah.

Tidak terlalu sulit mencari gambar mirip palu arit yang dipermasalahkan, namun tidak semudah itu uantuk dijelaskan dan dipahami penjelasannya, pihak BI sebelumnya juga sudah menjelaskan, setidaknya ada tiga hal. (1) Tidak ada lambang PKI di pecahan baru, (2) masyarakat jangan gelisag karena uang itu dijamin berlaku, (3) uang seperti itu akan sulit dipalsukan. Lalu dengan penjelasan seperti itu apakah ermasalahan menjadi klear. ternyata tidak.

uang-kita-mirip-uang-china

Pencetakan uang itu melalui proses yang sangat panjang, selain tempat penctakan sangat dipertimbangkan, maka tiap goresan apakah gambar manusia, binatang serta alam lainnya atau goresan variatip belaka yang terdapat pada uang itu harus memiliki makna dan filosofi yang bisa dijelaskan maknanya karena semua itu harus memiliki keterkaitan dengan Indonesia, para tokoh, kekayaan alam, sejarah serta goresan rahasia dalam rangka pewngamanan uang itu dari berbagai tindak pemalsuan. Dengan demikian maka bebarti dalam proses pencetakan itu maka setiap titik dan goresan telah melalui pembahasan yang panjang, yang dibahas dan dipertimbangkan oleh sejumlah orang yang selain mumpuni, juga memiliki kewenangan terkaikt jabatannya.

Jadi jika sekarang muncul permasalahan, keresahan dan pertanyaan pertanyaan, maka harapan kita tidak lain adalah Pemerintah mampu menjelaskan dan menyelesaikannya dengan baik, berikut kesepakatan dan kesepahjaman yang maksimal. Kalau memang ada kesengajaan memunculkan lambang PKI palu arit di pecahan uang baru itu  maka dihukum dengan hukuman yang setimpal, jika tidak maka jelaskanlah kepada masyarakat, karena masyarakat sekarang menunggu jawaban dan tindakan dari permasalahan yang muncul.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s