Prof. Pardede Nasehati Jonru

Fachruddin Saya tak kenal siapa Jonru, siapa Prof. Pardede, siapa Bambang Tri. Tapi mereka ini muncul  di youtube secara terbuka, tetapi diantara ketiganya yang sering saya lihat di youtube adalah Pardede, Pardede sipemberani, belum ada saya menemukan orang seberani Pardede untuk membicarakan sesuatu termasuk membicarakan atau mengevaluasi prilaku  atau ucapan pejabat, Terkejut saya kali ini menyaksikan youtube yang menampilkan nasehat kepada Jonru, sementara menurut treman saya Jonru itu memiliki kecerdasan yang luar biasa, tetapi dimata Pardede Jonru tak lebih dari seorang awam saja yang kurang memahamidengan apa yang diucapkannya kata si Guruy besar Pro. Pardede yang katanya ahli kimia itu.

Kata Pardede bila Jonru tak paham tentang suatu yang diucapkannya atau diberitakannya, maka itu namanya zoon atau praduga, sementara hadits mengatakan bahwa prasangka adalah seburuk buruk berita. Apalagi Jonru telah memfonis seseorang dengan kata dusta. Pardede mengingatkan  agar Jonru tidak bicara seperti hakim, karena ucapan hakim itu hanya boleh diucapkan oleh hakim setelah menguji segala segala bukti bukti yang muncul dalam persidangan.  Dan apa yang diputuskan hakim akan berlanjut kepada hukuman.

Bila Jonru ingin mengatakan sesuatu, kataklanlah sesuatu itu yang bukan kewenangan hakim, Jika Jonru ingin jadi pengamat, maka jangan sekali kali mengambil alih hak seorang hakim, karena jika anda bukan hakim lalu bertindak seolah hakim maka anda telah melakukan sesuatu yang melampau batas dan kewenangan anda.

Prof. Pardede menyebut sejumlah buku rujukannya dalam berbicara. dan karena hukum juga bukan bidang saya maka saya memposisikan diri sebagai pihak yang berusaha  mengambil hikmah dari apa yang tersaji dalam dalam yaoutub ini. Walaupun ada kelemahan besar yang dimiliki Pardede sebagai manusia, yang agak lalai memperhatikan segi etika dan sopan santun. tetapi disela sela kelemahannya itu namapknya ada juga nilai mulia yang tersimpan di dalamnya. Saya akan cari kemulaan itu.semampu saya saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s