11 WNI Ditangkap Polisi Saudi karena Salat Id pada 18 Juli di Masjidil Haram

Jumat, 31 Juli 2015 | Dibaca 145 kali

Masjidil Harom Makkah detikNews – Jakarta, 11 WNI ditangkap pihak keamanan Saudi Arabia. Mereka ditangkap karena melakukan salat id di hari kedua Idul Fitri atau pada 18 Juli. Di Saudi lebaran jatuh pada 17 Juli. 11 WNI itu salat di Masjidil Haram.
“Pada tanggal 28 Juli KJRI Jeddah memperoleh informasi dari masyarakat bahwa terdapat 11 WNI telah ditangkap oleh Kepolisian Masjidil Haram karena dituduh telah kelakukan ritual sesat pada hari kedua Idul Fitri,” kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Lalu M Iqbal, Jumat (31/7/2015).

Menurut Iqbal, rombongan terdiri dari 11 orang, 2 di antaranya wanita. 8 Orang anggota rombongan saat ini ditahan di kantor tahanan sementara Makkah dan 2 orang wanita ditahan di penjara umum wanita.

“Sementara pimpinan rombonganyaitu Saudara Zubair Amir Abdullah(47), dibawa ke RS jiwa untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan. Kelompok ini meyakini bahwa Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 18 Juli, sementara Pemerintah Saudi menetapkan Idul Fitri jatuh pada 17 Juli,” terang Iqbal.

Pemeriksaan kejiwaan pada Zubair juga terkait keyakinannya bahwa dia adalah Imam Mahdi, yaitu pemimpin umat akhir zaman (menjelang kiamat).

“Pada tanggal 18/7 mereka  melaksanakan ritual salat Idul Fitri di maqom Ibrahim (kompleks Ka’bah) yang didahului dengan penyampaian khutbah. Mereka mendengarkan khutbah dalam formasi lingkaran dengan pemimpin mereka berdiri di tengah lingkaran. Aksi yang sangat demonstratif tersebut bukan saja menarik perhatian jamaah lain akan tetapi juga mengganggu jamaah yang sedang tawaf sehingga sejumlah jamaah melaporkan kepada polisi,” jelas Iqbal.

“Polisi sudah meminta mereka untuk bubar namun ditolak oleh kelompok tersebut sehingga polisi membubarkan secara paksa dan menangkap mereka,” terang Iqbal. (fan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s