Pro Kontra Jilbab Polwan

Fachruddin KB PII LampungSejak sedia kala masalah jilbab ini selalu saja menjadi sesuatu yang kontroversial, dahulu guru olahraga selalu saja mempersoalkan siswi yang berjilbab pada waktu pelajaran olahraga, mereka mereka yang memakai jilbab pada saat mata pelajaran ini disajikan mendapat ancaman akan tidak mendapat nilai dari sang guru. Sepertinya jilbab yang semula sekedar belum diatur dalam peraturan yang berlaku tiba tiba saja menjadi ancaman besar bagi siswa untuk mencapai prestasi dalam bidang pelajaran olahraga dan kesehatan itu. Sikap guru olahraga ini banyak mendapat simpati dari kepala sekolah, sehingga ancaman bagi mereka yang menggunakan jilbabpun meningnkat menjadi ancamana pencoretan siswi dari daftar murid di sekolah itu. Akhirnya jilbab terimig sebagai barang busuk yang harus dihindari perempuan untuk mendapatkan penilaian sebagai perempuan baik baik. Jilbab menjadi lambang indisipliner diberbagai sekolah pavorit.

POLWAN BERJILBABSepertinya memang ada pihak pihak yang berusaha untuk memberikan gambaran buruk bahwa perempuan berjilbab adalah lambang manusia asosial. Kontroversi jilbab di sekolah berhenti ketika Menteri pendidikan akhirnya melegalkan jilbab yang dikenakan para siswi di sekolah. ternyata jilbab sedikitpun tak menghambat seorang siswa untuk mencapai prestasi belajar. Banyak diantara siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik ternyata duduk bersama sederetan siswa yang berprestasi membanggakan. Maka tak heran bila jilbab semakin populer untuk dikenakan bagi sisiwi maupun guru perempuan di sekolah sekolah. Di kantor dan diberbagai tempat. Dan kini tak jarang para artispun mengenakan jilbab, atau hijab dan apapun nama yang mereka berikan bagi penutup kepala perempuan itu.

Kini nampaknya giliran jilbab Polwan menjadi kontroversi, tidak kurang dari seorang Wakapolri mempertunjukkan dirinya sebagai sosok yang mengekspressikan ketidaksenangannya kepada Kapolri yang telah memberikan sinyal untuk dilegalkannya jilbab untuk dipakai polwan yang mengehndakinya. Tetapi lain Kapolri lain lagi Wakapolrinya. Banyak pihak yang sangat menyayangkan pernbyataan pernyataan yang dikeluarkan oleh Wakapolri yang bertentangan dengan Kapolri. Kita semua mengklhawatirkan efek buruk dari kontroversi ini. tetapi sepertinya Wakapolri yang memang lebih senior ketika dalam pendidikan itu ingin memberikan pelajaran kepada Kapolri itu bagaimana semestinya seorang pejabat tertinggi di lingkungan Polri bersikap. Kini Wakapolri sejatinya bukan hanya sedang berhadapan dengan para Polwan yang dahulu menuntut dilegalkannya jilbab dalam seragam Polwan.

Apa yang menjadi dasar sikap Wakapolri adalah juga seperti yang dijadikan dasar dan ditempuh oleh para Guru Olahraga, apa yang dijadikan filosofi Wakapolri tidak bedanya dengan filofi guru olahraga dalam menolak jilbab. Kita yakin bahwa Kapolri dengan segala kewenangannya itu pada akhirnya akan mampu menempuh jalan seperti apa yang dilakukan oleh meneteri Pendidikan. Karena jilbab memiliki efek positif bagi pemakainya. Demikian juga jilbab bagi polwan dapat meningkatkan imeg baik bagi Kepolsian secara keseluruhan. Kita berharap kepada Wakapolri,  kendatipun pada saat dahulu dibangku kuliah lebih senior, tetapi hendaknya janganlah berusaha membuat ada dua komandan di tubuh Polri karena dapat mengundang kerusakan yang lebih luasd dan sistemik.

Kita berharap Kapolri dan Wakapolri bisa mengendurkan suasana, belajarlah dari sikap mulia SBY ketika dahulu JK terlampau cepat membuat pernyataan, tetapi nampaknya SBY selaku atasan langsung JK mencoba bersabar untuk lebih menyelesaikannya secara internal dahulu sebelum membuat pernyataan yang berbeda. Namun sikap sabar itu tak mengurangi simpati masyarakat kepada SBY. Demikian pula sikap mengalah Wakapolri tidaklah menghilangkan ketokohannya, dibanding kesangguoannya memaksa Kapolri menelan ludahnya kembali, karena itu justeru akan akan memberikan efek yang sangat buruk. Sebagai rakyat kami meminta keduanya dapat berjalan seiring jalan, sehingga keduanya mampu memberikan perlindungan secara lebih baik bagi kita kita yang memang membutuhkan perlindungan dari keduanya.  HIDUP POLISI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s