Antisipasi Protes ‘Innocence of Muslims’, Kedubes AS di Bangkok Ditutup

 

Unjuk rasa di Libya menentang film ini (AFP)

Bangkok, Amerika Serikat (AS) menutup kantor kedutaannya di Bangkok, Thailand. Penutupan ini demi mengantisipasi unjuk rasa besar-besaran yang direncanakan oleh kelompok tertentu, dalam rangka memprotes film ‘Innocence of Muslims’.

Kantor Konsulat AS yang berada di jalanan utama kota Bangkok yang dekat dengan kawasan bisnis setempat, ditutup sejak Selasa (17/9) siang. Penutupan ini diumumkan melalui situs resmi Kedubes AS di Bangkok. Sebagian staf diplomatik dipulangkan lebih awal.

“Unjuk rasa yang melibatkan sejumlah besar orang diperkirakan akan menganggu arus lalu lintas di wilayah tersebut,” demikian pernyataan Kedubes AS di Bangkok, seperti dilansir AFP, Senin (17/9/2012).

Juru bicara Kedubes AS di Bangkok, Walter Barunohler, memastikan bahwa rencana unjuk rasa besar-besaran tersebut terkait dengan film amatir yang telah menghina Islam dan Nabi Muhammad. Diperkirakan ratusan orang akan menggeruduk kantor Kedubes AS di Bangkok.

Namun tidak dijelaskan lebih lanjut soal peringatan atau instruksi khusus bagi warga AS di Thailand. Pihak Kedubes AS yang megimbau setiap warga AS di Negeri Gajah Putih tersebut untuk ‘meningkatkan waspada’.

“Bahkan unjuk rasa yang dimaksudkan sebagai unjuk rasa damai bisa berubah menjadi konfrontatif dan mungkin berujung kekerasan,” imbuh pernyataan Kedubes AS di Bangkok.

Film ‘Innocence of Muslims’ yang kontroversial ini telah memicu sejumlah unjuk rasa di negara kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara sejak Sealsa (11/9) lalu. Unjuk rasa serupa terus meluas dan hingga saat ini terjadi di sekitar 20 negara, termasuk Indonesia. Dilaporkan sedikitinya 17 tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam unjuk rasa di sejumlah negara.

Sedangkan Thailand sendiri diketahui memiliki 1,2 juta penduduk Muslim. Jumlah ini sekitar 4 persen dari populasi total. Sebagian besar penduduk Thailand yang menganut Islam tinggal di wilayah selatan yang berbatasan dengan Malaysia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s