Soal Ceramah Roma Irama Kutip Ucapan Jimly

TEMPO.CO, Jakarta – Pedangdut Rhoma Irama menyatakan ceramah Ramadan yang berujung pada dugaan pidana pemilihan umum tidak berisi penghinaan maupun hasutan kepada salah satu pasangan calon.

“Saat saya berkata bahwa Ahok itu beragama Kristen dan beretnis Tionghoa, apakah itu merupakan hinaan maupun hasutan? Panitia Pengawas Pemilu saja tidak dapat membuktikannya,” kata Rhoma saat dihubungi Tempo, Ahad, 12 Agustus 2012.

Menurut dia, penyebutan identitas Ahok, panggilan Basuki Tjahaja Purnama, dalam ceramahnya merupakan caranya dalam memberikan keterbukaan dan tranparansi informasi kepada masyarakat.

Tidak hanya identitas Ahok yang ia ungkapkan dalam ceramah tersebut, tetapi juga identitas dari Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramly, serta joko Widodo.

Rhoma mengatakan, penyebutan asal suku dan agama calon gubernur DKI Jakarta tidak menyalahi aturan. Ia merujuk pada pandangan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Jimly Asshiddiqie yang pernah mengatakan, mengungkapkan identitas pasangan calon di hadapan publik masih wajar untuk dilakukan.

Terlebih lagi, lanjut Rhoma, hal tersebut ia lakukan dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat terkait asal-usul para calon.

Dalam ceramah itu, lanjut Rhoma, ia menjelaskan asal-usul para calon. Seperti Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli yang merupakan keturunan Betawi dan beragama Islam, serta Joko Widodo yang keturunan Jawa dan beragama Islam, serta Basuki yang beretnis Tionghoa dan beragama Kristen.

Rhoma mengatakan dirinya tidak menyesali kata-kata yang ia ucapkan saat berceramah. Ia merasa tidak bersalah karena tidak bermaksud untuk menciptakan isu SARA kepada masyarakat. Rhoma juga mengaku bersyukur atas keputusan Panwaslu yang tidak mempidanakan dirinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s