Pelihara Sikap Toleransi.

Kita berharap semoga saja dengan pelaksanaan MTQ di Ambon, yang didukung juga oleh agama lain akan mendatangkan keberkahan bagi bangsa secara keseluruhan, masayarakat setempat setidaknya tidak lagi gampang tersulut oleh informasi informasi yang sengaja disebarkan untuk memecahbelah masyarakat setempat. Walaupun sebenarnya sudah menjadi rahasia umum bahwa huruhara yang sering terjadi didaerah itu sesungguhnya tidak terlepas dari kepentingan kelompok tertentu dengan bekerjasama untuk kepentingan Negara tertentu pula. Memang ini akan sulit dibuktikan, tetapi setidaknya kita pantas mencurigainya karena setiap kali upaya perdamaian dilakukan setiap itu pula upaya pemecahbelahan dilakukan.

 

Sebagaimana halnya banyak scenario yang diterapkan diberbagai belahan dunia ini, disintegrasi sengaja disulut dengan berbagai cara, lalu ada upaya upaya pihak asing untuk interfensi manakala situasi itu tidak segera kembali kondusif. Beruntung bangsa Indonesia ini masih mengutamakan –persatuan dan kesatuan, sehingga pihak asingpun kesulitan untuk campur tangan, tetapi kita yakin bahwa pihak asing tak akan putus asa, dengan modus baru hal serupa akan dilancarkan.

 

Dengan toleransi yang ditunjukkan dalam pelaksanaan MTQ di Ambon ini, kita berhjarap celah yang dimiliki asing semakin tertutuip rapat. Di lain pihak anggota masyarakat kita yang gemar bekerja untuk asing menjadi sadar akan bahaya yang akan ditimbulkan akibat ulahnya. Demikian pula para tokoh tokoh agama kita berharap mereka melaksanakan toleransi ini dilakukan secara jujur, tindak memiliki tendensi dan maksud keuntungan tertentu, serta terjauh dari berbagai prasangka buruk. Semoga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s