Arloji Raksasa dan Patung Yang melambangkan Kesombongan

JAM UNIK ‘PRAGUE ORLOJ’ SISA ERA GOTHIC DI PRAHA
infospesial.net –   Jika London punya Big Ben, maka Prague punya Prague Orloj. Jam ini juga menjadi penanda pergerakan planet, musim, bulan dan zodiak. Prague Orloj berada di sisi Menara Gothic di gedung Old Town Hall di Jl Staromestske Nameski, Praha. Jam ini memiliki nama lain Astronomical Clock, jam ini sempat direparasi oleh seorang pembuat jam bernama Taborsky pada tahun 1552.

FOTO : Jam Unik Prague Orloj di Praha

Prague Orloj ini merupakan karya dari Mikulas Kadan yang konon bekerja sama dengan Jan Sindel, seorang profesor matematika dan astronomi dari Charles University. Jam ini dibuat pada 1410. Pertama kali dibuat, jam ini hanya terdiri dari jam biasa dengan tambahan perhitungan astrologi. Namun sekitar tahun 1490, jam ini ditambah perhitungan tanggal dan sekelilingnya dihias pahatan-pahatan gaya Gothic.

Prague Orloj yang spektakuler ini memiliki latar yang menggambarkan bumi dan lapisan warna langit. Lingkaran biru tua yang ada di bagian bawah menggambarkan bumi dan warna biru yang berlapis di bagian atas menandakan warna langit. Bagian yang berwarna merah dan hitam menandakan langit saat malam dan fajar.

Pada siang hari, jarum dengan gambar matahari berada di bagian biru, pada malam hari, jarum tersebut berada di bagian warna hitam dan pada dini hari menjelang fajar, jarum matahari ini akan berada di bagian latar yang berwarna merah.

Angka romawi berwarna emas yang ada di bagian terluar lingkaran dalam menandakan waktu Praha. Angka Schwabancher (Jerman kuno) bewarna emas dan berlatar warna hitam di lingkaran terluar jam ini. Angka-angka ini menandakan waktu Ceko kuno atau waktu Italia.

Jarum tangan dan matahari emas bergerak berlawanan dengan arah jarum jam dan menunjukkan waktu lokal di Praha, waktu perhitungan Babilonia dan waktu Chesna kuno. Dan jarum bergambar bulan berjalan lebih cepat dari jarum matahari.

Patung disisi kiri diisi oleh lambang kesombongan yang digambarkan dengan patung yang memandang dirinya di kaca yang ia bawa. Sebelahnya adalah keserakahan, digambarkan dengan patung orang Yahudi yang membawa kantung emas. Bagian kanan diisi dengan kematian, sebuah patung tengkorak yang membawa bel. Sebelahnya ada patung orang Turki yang membawa alat musik.

Sumber :  Infispesial
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s