Resolusi Politik 2012

Umbu T.W. Pariangu

Dosen Fisipol Undana, Kupang

 

Berbagai peristiwa dan pengalaman di tahun 2011 hendaknya menjadi hikmah bagi bangsa ini untuk menatap tahun 2012 dengan spirit dan laku keberadaban positif. Salah satunya dengan membangun kinerja politik pemerintahan yang konstitusional dan beradab demi melahirkan politik kepemimpinan berkualitas yang menyanggupi tuntutan rakyat.

 

Banyak pengamat mengatakan tahun 2012 merupakan tahun akselerasi menuju tahun politik 2014. Tahun 2012 secara politik menjadi medium analisis mengkaji prospek dan korelasi partai politik dengan berbagai agendanya dengan agenda-agenda pemerintahan. Sejauh mana tugas pokok pemerintahan berlangsung di tengah dukungan koalisi parpol yang solid untuk memperjuangkan nilai-nilai ideologi praksis kepentingan bersama (bonnum commune).

 

Begitu pula dengan DPR, mampukah menjadi representator politik dalam membicarakan suara/kepentingan rakyat. Ataukah sebaliknya, kredibilitas lembaga ini makin terdesak karena turunnya kepercayaan politik rakyat di tengah maraknya perkembangan media yang intensif memberikan nilai-nilai alternatif bagi publik. Semua ini berpulang pada konsistensi berdemokrasi yang substantif yang dijalankan oleh prinsip politik luhur: kejujuran, dedikasi dan pengorbanan, bukan demokrasi realitas semu-artifisial.

Lampost  Rabu 4 Januari 2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s