Pandangan Kristian Indonesia Terhadap Islam Dipuji

Jakarta, PelitaOnline – Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat memuji sikap umat Kristiani di Indonesia dalam memandang Islam. Menurut Komaruddin, umat Kristiani di Indonesia bisa lebih obyektif dalam mengenal Islam karena bergaul dalam kehidupan sehari-hari.

“Teman Kristiani Indonesia jauh lebih mengenal dan memahami Islam lewat pergaulan sehari-hari ketimbang masyarakat Barat,” kata Komaruddin melalui akun Twitternya, Minggu (25/12).

Komeng, sapaan akrabnya, memang tidak menyebutkan tentang pandangan umat Kristiani di Barat terhadap Islam, khususnya Eropa dan Amerika. Namun secara umum, Barat masih kerap mengidentikkan Islam dengan identitas agama yang mengajarkan kekerasan dan terorisme.

Dikatakannya, pergaulan sehari-hari di antara umat antar-agama bisa mempengaruhi sikap umat antar-agama.

“Perjumpaan lintas umat beragama dan bangsa akan mempengaruhi pemahaman dan praktek keberagamaan seseorang atau masyarakat,” tandasnya.

Sementara masyarakat yang tidak bergaul bersama agama lain dan hidup hanya di lingkungan satu pemahaman (homogen), cenderung menilai agama sebelah mata. Bahkan hingga menyebut agama tertentu dengan sandangan status sesat dan harus diperangi.

“Masyarakat yang homogen memang tidak mudah memahami problem yang muncul dari pergaulan lintas budaya, agama dan etnis.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s