mesin uang keluarga

Membangun usaha rumahan bisa dimulai dari hobi seperti yang dilakukan Henny Widjaja (36). Ibu satu anak ini sukses mengembangkan usaha abon cabai menjadi mesin uang keluarga.

EMUA serba mengejutkan. Tak mengira abon cabe Ini bisa menjadi bisnis seperti I sekarang. Saya gembira, banyak orang senang dengan produk ini. Apalagi saat ini jadi sumber penghasilan saya,” kata Henny, pemilik usaha Abon Cabe Ninoy kepada Warta Kota, belum lama Ini.

Henny membangun usahanya sejak dua tahun lalu itu, semula membuat abon cabai untuk konsumsi sendiri. Pasalnya, dia memang doyan sambal. Setiap makan harus pakai sambal.

“Ibaratnya, makan nasi sama sambal saja sudah cukup.” kata Henny.

Ternyata tidak hanya Henny yang doyan sambal. Paling tidak, hal itu terlihat dari bazar-bazar yang diikutinya pada bulan Ramadan lalu. Abon cabai yang dikemas dalam toples ukuran 100 gram dan 200 gram itu laris manis diserbu pembeli.

Saat mengikuti bazar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Warta Kota menyaksikan seseorang memborong lima kilogram abon cabai untuk dibawa ke Kalimantan Timur. Abon cabai itu untuk karyawan perusahaan HPH yang tinggal di kamp-kamp.

“Saya mau coba sambal kering ini. Kalau cocok, kan enak. Sebab, praktis tinggal dicampur dengan Indomie. Daripada bawa cabe-nya dari sini (Jakarta). Repot,” kata pembeli itu.

Abon Cabe Ninoy terbuat dari cabai rawit, cabai keriting, dan rempah- rem-pah. Dinamakan abon karena bentuknya bubuk dan kering. Meski tampaknya sederhana, tapi membuatnya tak mudah karena membutuhkan proses yang panjang.

Henny mengaku, untuk sampai pada bentuk dan rasa yang seperti saat ini. dia butuh waktu delapan bulan untuk eksperimen. Uji coba bumbu dilakukan berulang kait

“Awalnya, sambal keringnya masih kasar karena untuk dimakan sendiri. Waktu itu. saya gilingnya asal saja. Belum halus seperti saat ini,” katanya.

Modal Rp 2,5 juta

 

Usaha mikro yang dikembangkan Henny tak butuh modal besar. Dengan modal Rp 2,5 juta, wanita yang mempunyai keahlian sebagai penata rambut dan make up artis itu sudah bisa menjalankan usaha rumahan itu.

“Uang sebesar itu untuk modal kerja. Seperti, beli cabe rawit dan cabe keriting masing-masing 50 kg dan bumbu lainnya. Sedangkan untuk produksinya, saya menggunakan peralatan dapur yang ada,” katanya.

Henny mengatakan, untuk mengeringkan cabai awalnya mengandalkan sinar matahari. Kebetulan, orangtuanya me-miliki lahan relatif luas di Bogor. Namun, karena sering terkendala hujan dan makin banyak pesanan. Henny lalu beralih menggunakan oven.

“Cabe itu dioven selama tujuh sampai 10 hari, terus menerus selama 24 jam. Masaknya tak bisa pakai api besar, harus api kecil. Sekarang, sekali masuk oven mencapai 80 sampai 100 kg cabe. Nanti, setelah kering paling Jadinya sekitar 15 kg.” ujarnya.

Menurut Henny, hingga kini dia membuat abon cabal kalau ada pesanan. Dulu, pesanan pertama berasal dari temannya. Awalnya dia masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dan Jaringan temannya di salon-salon. Setelah itu, diperluas lewat internet, seperti komunitas internet Kaskus. Termasuk merambah melalui situs jejaring sosial Facebook

Lewat Internet, kata Henny, dia dapat menjangkau pasar lebih luas, mulai dari Aceh sampai Papua. “Dari Kaskus, saya mendapat pembeli dan agen. Pertama kali dapat order dari Papua, saya sempat kaget. Maklum, belum punya pengalaman,” ujarnya.

Dia mengaku, melalui Kaskus dia mendapat pesanan dua sampai tiga kali/ minggu. “Yang bikin kaget, ternyata penggemar abon cabe di Kaskus itu banyak cowok.” kata Henny.

Seiring dengan perjalanan waktu, kepercayaan diri Henny makin mantap. Apalagi dengan kian banyaknya orang yang menyampaikan pujian, saran dan kritik lewat Kaskus. Serta meningkatnya pesanan dari berbagai daerah setelah produknya diliput media.

Menurut dia, saat ini produksi abon cabainya mencapai 20 kg atau sekitar 200 toples/ hari. Selain dijual ritel, abon cabe itu juga dijual lewat delapan agennya yang ada di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. “Saya mau memperbanyak agen. Saya mau bagi-bagi rezeki dengan teman-teman agen,”ujar Henny, (bes)

 

WTS
‘NINOY’ ABON CABE
PERTAMA DAN SATU-SATUNYA DI INDONESIA

‘NINOY’ABON CABE HOME MADE
SUPER SUPER HOT!!! 

DIBUAT DARI CABE-CABE BERKWALITAS.

ADA 2 RASA ORIGINAL DAN TERI BAWANG.

NINOY ABON CABE ORIGINAL INI TIDAK MENGANDUNG DAGING APAPUN, MURNI TERBUAT DARI CABE SEGAR PILIHAN.

COCOK DICAMPUR DENGAN SEGALA JENIS MAKANAN NASI, MIE, SOTO, BAKSO, SOP DLL.

BISA JUGA UNTUK PENAMBAH BUMBU MASAKAN…

 

KOMPOSISI :
-CABE RAWIT MERAH
-CABE KERITING MERAH
-BAWANG PUTIH
-MINYAK SAYUR
-GARAM
-GULA

NINOY ABON CABE TERI BAWANG MEMAKAI TERI MEDAN SUPER YANG DIGORENG DENGAN MINYAK SELALU BARU DAN BAWANG GORENG MURNI (‘TANPA TEPUNG’).

COCOK DIMAKAN HANYA DENGAN NASI HANGAT.

KOMPOSISI :
-CABE RAWIT MERAH
-CABE KERITING MERAH
-BAWANG PUTIH
-MINYAK SAYUR
-GARAM
-GULA
-TERI MEDAN SUPER
-BAWANG GORENG

MERK DAGANG TERDAFTAR DAN
DIJAMIN 100%HALAL

 

 

Spoiler for .:
‘NINOY’ ABON CABE ORIGINAL

Spoiler for .:
NINOY ABON CABE ORIGINAL

Spoiler for .:
NINOY ABON CABE TERI BAWANG

Spoiler for .:
‘NINOY’ ABON CABE TERI BAWANG

Spoiler for .:
‘NINOY ABON CABE 100 GR KEMASAN BARU

Spoiler for .:
NINOY ABON CABE MASUK TABLOID SAJI

Spoiler for .:
‘NINOY’ ABON CABEARTIKEL DI TABLOID SAJI

Spoiler for .:
NINOY ABON CABE ARTIKEL DI TABLOID SAJI

Spoiler for .:
‘NINOY’ ABON CABE ARTIKEL DI WARTA KOTA

Spoiler for .:
‘NINOY’ ABON CABE ARTIKEL DI WARTA KOTA

Spoiler for .:
‘NINOY’ ABON CABE BAZAR DI GEDUNG GRAMEDIA KOMPAS PALMERAH 25-27 SEPT 2010

Spoiler for .:
BUKTI-BUKTI PENGIRIMAN ‘NINOY’ ABON CABE

Bagi SUPER HOT LOVER’S (yang suka pedas) Abon Cabe Ninoy sangat cocok menjadi teman setia bersantap. Wajib untuk selalu ada dalam tas anda, di mobil, di kantor, di rumah, dan juga dalam berpergian ke Luar kota, Luar negri, Umroh, Naik haji dll

Mengapa?

-Karena tanpa bahan pewarna dan pengawet (aman)
-Proses bersih dan higienis
-cabe2 segar dan pilihan,yang busuk dibuang
-proses pengeringan oven, dijamin anti debu
-Dibuat dari bahan alami
-Murni cabe tanpa campuran apapun
-Tahan lama karena kering
-Ga bakalan asem ato basi
-Cocok di makan dengan segala jenis makanan
-Cukup sedikit saja sudah pedas
-Ga bakalan tumpah karena kering
-Pedesnya PEDES GILA,(1kg ABON CABE NINOY = 5,5kg Cabe segar)

Ga percaya cobain deh…

AWAS KETAGIHAN!!!

About these ads